PPI Belgia dengan ini mempersembahkan acara untuk penyambutan mahasiswa baru dan pertemuan mahasiswa lama di Belgia yang diadakan pada hari Minggu, 10 November 2018, bertepatan dengan hari pahlawan. Dengan support yang diberikan oleh KBRI Belgia dan Luksemburg, acara ini dapat berlangsung di Aula KBRI Tervuren dan berlangsung sepanjang siang hingga sore.

DSC07788

Acara ini diadakan dengan tujuan mempererat tali silaturahmi dengan mempertemukan semua pelajar Indonesia di Belgia, memberikan kesempatan untuk saling bertukar cerita mengenai kendala di kehidupan dan pencapaian di studi masing-masing individu. Hal ini tentunya diharapkan berguna bagi teman-teman yang baru datang ke Belgia. Adapun sesi sharing ini membahas tentang solusi mengenai kendala bahasa dalam perkuliahan, bagaimana mengajukan pendanaan untuk riset, dll.

 

Dalam kesempatan ini, terdapat sesi dimana pelajar Indonesia dapat berdialog dan berdiskusi dengan pihak KBRI tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara yang berada di luar negeri dan sebagai pelajar lulusan dari luar negeri, ketika nantinya kembali ke Indonesia.

Sebagai contoh diskusi adalah kewajiban ketika baru tiba di Belgia sebagai WNI tentunya lapor diri, sedangkan sebagai WNI kita juga mendapatkan hak perlindungan dan bantuan dalam penyelesaian berbagai masalah yang dihadapi di Belgia, misalnya mengenai kontrak tempat tinggal yang tidak jelas. Selain itu, segera adanya pemilu presiden dalam waktu dekat juga mewajibkan mahasiswa baru dan lama untuk pendataan penggunaan hak memilih.

Tidak hanya diskusi serius, tentunya kita tidak lupa bergembira bersama dengan games dan kegiatan nyanyi bersama! Keluarga besar PPI Belgia memang tidak hanya pelajar yang masih single dan happy, tapi juga terdapat keluarga-keluarga dengan anak-anaknya yang datang memberikan keceriaan yang luar biasa dalam berbagai permainan.

DSC02977
Keluarga Besar PPI Belgia

Salam hangat, PPI Belgia 1819!

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.