Dimanakah saya mengurus visa ke Belgia?

Apabila anda berdomisili di Indonesia dan ingin melanjutkan studi di Belgia, maka anda harus mengurus Student Visa Belgium di Kedutaan Belgia, di Jakarta. Silahkan kontak pihak kedutaan yang sangat bersahabat. Perlu di ingat, visa pelajar ini kita yang mengurus sendiri, bukan pihak sekolah.

Sementara apabila anda ingin menjadi bagian dari program Au Pair di Belgia, maka anda juga harus mengurus Au Pair Visa di Kedutaan Belgia.

Jika anda ingin traveling atau melakukan kunjungan jangka pendek ke Belgia, gunakanlah Visa Turis Schengen yang dapat diurus melalui Kedutaan Belanda dan perantaranya VFS. Kami tidak dapat memberi informasi lebih lanjut mengenai hal ini.

Apakah perbedaan visa dan residence permit?

Visa diurus ketika anda masih berada di Indonesia, dikeluarkan oleh kedutaan negara tujuan anda atau rekanannya (tergantung jenis visa yang anda mau). Visa tertempel di salah satu halaman paspor dan digunakan ketika anda memasuki negara tersebut. Visa memiliki tanggal kadaluarsa yang relatif pendek.

Sementara residence permit diurus ketika anda sudah berada di negara tersebut, dikeluarkan oleh city hall di area tempat tinggal anda. Permit ini berupa kartu identitas sementara yang dikeluarkan berdasarkan visa jangka panjang anda tadi. Anda wajib memiliki kartu ini selama masa studi atau kontrak kerja anda, dan wajib memperbaharuinya di city hall setiap tahun.

Apakah ada jurusan berbahasa Inggris di Belgia?

Ya. Ada banyak alumni dan pelajar Indonesia yang melakukan studi dalam program atau jurusan yang berbahasa Inggris baik untuk untuk level Bachelor atau S1, maupun untuk level Master atau S2 dan PhD atau S3.

Apakah ada beasiswa dari pemerintah Belgia untuk WNI?

Ya. Pemerintah Belgia, dalam hal ini Pemerintah bagian Flanders memberikan beasiswa VLIR-OUS kepada penduduk di Asia, Amerika Latin dan Afrika. Banyak anggota PPI Belgia merupakan alumni dan awardee beasiswa ini.

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap mengenai beasiswa untuk di Belgia.

Apakah hanya dengan beasiswa saya dapat melanjutkan studi di Belgia?

Tidak. Banyak juga anggota PPI Belgia yang melanjutkan studi dengan biaya sendiri di Belgia, baik S1 maupun S2.

Hal ini disebabkan oleh biaya kuliah di universitas negeri di Belgia yang lebih murah dibandingkan dengan negara besar lainnya, seperti Australia, Singapura, Inggris, dan lainnya. Biya kuliah di universitas negeri Belgia berkisar 900€ – 3000€  per tahun, ada yang sudah termasuk biaya per sks, ada juga yang belum.

Berapakah kisaran biaya hidup di Belgia?

Biaya hidup tergantung pada gaya hidup. Rata-rata selain biaya tempat tinggal, pengeluaran lain-lain bisa ditekan hingga 350€.

Dengan biaya tempat tinggal 300€ sampai 400€ perbulan, satu orang bisa menekan biaya hidup 650€ – 750€ euro perbulan.

Biaya hidup di kota besar (misalnya Brussel) umumnya lebih tinggi dibandingkan di kota kecil. Penyebab utamanya adalah biaya tempat tinggal yang lebih tinggi.

Apakah sebagai pelajar saya dapat berkerja sambil kuliah di Belgia?

Tergantung. Apabila anda merupakan awardee dari salah satu beasiswa, anda harus mengecek kembali kepada pihak pemberi beasiswa tersebut.

Tapi jika anda membiayai kuliah anda sendiri, anda dapat bekerja part-time selama tahun akademik. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, saat ini tidak lagi membutuhkan “work permit C” untuk berkerja part-time. Dengan residence permit yang anda miliki, anda dapat berkerja maximal 20jam/minggu.

Perlukah saya bisa berbahasa Prancis/Belanda untuk kuliah di Belgia?

Tergantung. Apabila anda mengambil kelas internasional, maka bahasa pengantar perkuliahan anda tentu saja dalam bahasa inggris, jadi anda tidak perlu belajar bahasa Prancis/Belanda untuk keperluan studi anda. Perlu diingat, dengan ini anda membutuhkan IELTS/TOEFL IBT dengan overall score 6,5 tetapi angka ini tergantung syarat di kampus anda.

Akan tetapi, apabila anda mengambil kelas reguler (lokal) dengan bahasa pengantar bahasa setempat yakni bahasa Prancis/Belanda, maka tentu saja anda harus menyertakan sertifikat bahasa DELF/DALF untuk bahasa Prancis dan CNaVT untuk bahasa Belanda dengan kesetaraan level B2 (standar eropa).

Apakah mengambil kelas berbahasa lokal lebih murah dibandingkan kelas internasional?

Jumlah biaya sekolah itu tidak hanya tergantung bahasa pengantar perkuliahan, tetapi tergantung kebijakan dari universitas/college masing-masing dan kategori status kewarganegaraan/sipil si mahasisa. Ada paling tidaknya dua kategori pembiayaan untuk uang kuliah yakni, kategori uang kuliah untuk pelajar EU yang lebih murah dan Non-EU yang lebih mahal.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan berkonsultasi dengan pihak admissions kampus anda.

Bagaimana cara memperpanjang paspor di Belgia?

Jika paspor anda hampir berakhir, anda dapat memperpanjang paspor anda di kedutaan Indonesia di Brussels.

Caranya super mudah! Kunjungi website KBRI Brussel dibawah ini untuk buat perjanjian, dan ikuti langkah-langkah selanjutnya: http://appointment.kbribrussel.id.

 


Berdasarkan kontribusi dari anggota-anggota PPI Belgia.

Terakhir diedit oleh Nadya, pada July 2020.